Coding di mata anak SMP Labschool Jakarta

Coding adalah hal yang berbeda dari pemrograman. Coding atau kegiatan menulis code sangatlah penting dalam memahami bahasa pemrograman. Terutama bagi mereka yang sama sekali belum pernah terjun ke dunia ini. Nyatanya, bisa menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Apalagi saat ini ada cukup banyak alasan untuk memulai belajar coding. Mulai dari karir hingga membuka lapangan kerja sendiri bisa menjadi alasan untuk memulai belajar hal ini.

Pengertian coding secara mudahnya adalah menulis sekumpulan code sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman ini sendiri ada bermacam-macam. Untuk saat ini, ada beberapa bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan. Beberapa bahasa pemrograman antara lain seperti Java, HTML & CSS, Python, PHP, Ruby, Angularjs, dan masih banyak lain. Dengan itu semua, kita dapat memberikan daftar instruksi pada perangkat komputer sesuai dengan tujuan kita. Misalnya, kita menulis code untuk membuat aplikasi Android atau membangun website.
Belajar coding memang bukan hal yang mudah (kalau coding mudah tentu perusahaan startup tidak akan kesulitan mencari talenta yang mereka perlukan). Namun, apabila memiliki motivasi dan semangat belajar yakinlah bahwa pembaca juga dapat bersaing dan sudah cukup banyak contoh orang non IT yang nyatanya bisa sukses.

Banyak cara mempelajari coding, bisa melalui website, maupun dari aplikasi. Berikut adalah website yang dapat digunakan untuk mempelajari coding :

1. CodeAcademy

2. W3schools
3. CodeWars
4. Free Code Camp
5. Hack.Pledge()
6. Coursera
7. Udemy
8. HackerRank
9. The Odin Project

dan lain-lain.

Sedangkan untuk belajar menggunakan aplikasi, dapat menggunakan :
1. Learn Java
2. Udacity
3. AIDE- IDE for Android Java C++
4. Programming Hub
5. Codebox

Belajar coding memang tidak mudah, tetapi keterampilan untuk coding bisa diasah dengan cara rajin berlatih dan juga bersabar walaupun sering kali mengalami error. Tentunya, kamu juga harus memahami algoritma dari bahasa pemrograman yang akan dibuat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan

Mengapa siswa SMP senang bermain games online?